BLK Banyuwangi Adakan Empat Progam Kejuruan pada 2019

0
600
BLK Banyuwangi saat dikunjungi Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri pada Juli 2018 lalu.

Laporan : Erwan M

JOBSMEDIANET.COM, BANYUWANGI – Balai Latihan Kerja (BLK) Banyuwangi dipastikan mulai 2019 akan mulai melakukan pelatihan pada awal 2019 ini dengan empat proram pelatihan yaitu pelatihan otomotif, menjahit, bahasa dan pnggalakan hasil pertanian.

 

Pesertanya pun diperkirakan akan membuladak namun pesertanya akan dibatasi sesuai kapasitas yaitu 16 orang – 20 orang per kelas.

Kasi PP BLK Banyuwangi Sriyanto, di hubungi media ini di kantornya,menjelaskan ke empat ptogam pelatihan yan akan diselenggarakan itu semuanya diminati calon peserta karena hal itu dibutuhkan di pasar kerja.

Sebelum ini pihaknya telah melakukan indentifikasi kebutuhan pelatihan dan jejaring aspirasi baik dengan dinas – dinas, perguruan tinggi dan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang ada di Banyuwangi.

Kedepan, kata Sriyanto, BLK Banyuwangi akan diproyeksikan sebagai BLKI pariwisata karena daerah itu tengah berkembang sebagai destinasi pariwisata. Banyuwangi pun bertetangga dengan provinsi Bali yang terkenal dengan industry pariwisata.

 

BLK Banyuwangi merupakan lembaga pelatihan terbaru yang dibangun oleh Kementetrian Ketenagakerjaan pada 2018. Berdiri di atas lahan seluas 9,9 hektar berada di Krajan, Kecamatan Muncar.

Kasi PP BLK Banyuwangi Sriyanto bersama penulis

Secara keseluruhan di Indonesia ada 302 BLK yang berada di bawah pengelolaan pemerintah pusat (Kemnaker), pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Sejalan dengan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia sehingga memiliki daya saing , maka Kementerian Ketenagakerjaan menggenjot pengoperasian BLK di berbagai daerah. BLK Banyuwangi merupakan BLK ke 18 yang dikelola Kementerian Ketenagakerjaan.

Maka kehadiran BLK Banyuwangi dimaksudkan mempercepat peningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM) di kawasan Banyuwangi.

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here