Keputusan Menteri Soal Uji Coba Penempatan PMI ke Arab Saudi Akan Diterbitkan

0
1373
Direktur PPTKLN,Kemnaker Soes Hindharno

JOBSMEDIANET.COM, JAKARTA – Keputusan Menteri Ketenagakerjaan tentang pelaksanaan sistim satu kanal penempatan pekerja migrant ke Arab Saudi diharapkan senin (22/10) pekan depan sudah diteken Menteri Hanif Dhakiri. Hingga Kamis rancangan Kepmen itu telah dilakukan finalisasi.

Direktur Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri, Kementerian Ketenagakejraan Soes Hindharno dihubungi di kantornya, menjelaskan Keputusan Menteri ( Kepmen ) ini akan menjadi payung hukum uji coba pelaksanaan sistim satu kanal penempatan pekerja migrant ke Arab Saudi. Kepmen ini diperlukan karena Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 260 tahun 2015 tentang penghentian dan pelarangan penempatan TKI pada pengguna perseorangan di Kawasan Timur Tengah, tidak dicabut.

Karena Kepmen 260/2015 itu tidak dicabut maka diperlukan Kepmen baru sebagai payung hukum pelaksanaan uji coba itu. Setelah Kepmen itu diteken menteri,Soes menyampaikan, pihaknya segera melakukan berbagai langkah sebagai persiapan pelaksanaan uji coba penempatan ke Arab Saudi. Langkah itu antara lain seleksi dan pelatihan pada perusahaan pelaksana penempatan pekerja migrant Indonesia (P3MI), memastikan semua perangkat di layanan terpadu satu atap (LTSA) telah ada, sementara pada daerah yang belum memiliki LTSA pelayanan tetap dilakukan di Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) yang masih ada.

Soes Hindharno mengemukakan, pihaknya akan mengencarkan sosialisasi mengenai program ini agar masyarakat pencari kerja khususnya yang akan bekerja di Arab Saudi memperoleh informasi lengkap mengenai syarat- syarat yang harus dipenuhi agar bisa bekerja di negara itu. Untuk itu, pada Kamis – Jumat ( 18-19/10) ini akan dilakukan sosialisasi pada Kepala Dinas yang menangani ketenagakerjaan di Jakarta. Sebanyak 60 kepala dinas provinsi, kabupaten/kota atau perwakilan dari daerah kantong asal TKI, khususnya yang masyarakat banyak berminat bekerja di Arab Saudi akan mengikuti sosialisasi ini.

Sebagaimana diketahui, pada Kamis (11/10) di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, pemerintah Indonesia dan Saudi Arabia menyepakati kerjasama bilateral Sistem Penempatan Satu Kanal (one channel) pekerja migran Indonesia. Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Menteri Ketenagakerjaan RI M Hanif Dhakiri dengan Menteri Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial Kerajaan Arab Saudi Ahmed bin Suleiman bin Abdulaziz al Rajhi.

Kerja sama ini dalam rangka pembenahan tata kelola penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI), baik terkait perlindungan maupun peningkatan kesejahteraan. Penandatangan yang dilakukan kedua menteri dilanjutkan dengan penandatangan tehnical arrangement oleh Direktur Jenderal Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI, Marulli A. Hasoloan dan Wakil Sekretaris Hubungan Internasional Menteri Tenagakerja dan Pembangunan Sosial Saudi Arabia, Abdulaziz al Amr.

Penulis/Editor : Erwan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here