PMI SUKSES ASAL KEDIRI, ANDI MURAI MILIKI TOKO ONLINE BURUNG MURAI TERBESAR (1)

0
2091

 

Oleh : ERWAN MAYULU

NAMA aslinya HADI MUSTANGIN (40 thn) namun dia lebih  beken disapa ANDI MURAI RIMBA KEDIRI, kini dikenal sebagai salah satu pengusaha burung murai batu terkemuka di tanah air.

Di kalangan komunitas pencinta burung murai batu, namanya berada di papan atas. Tidak hanya jumlah koleksi burungnya cukup banyak, namun dia salah satu dari sedikit yang memiliki stok burung murai terbanyak dengan kualitas tinggi, baik dari suara merdu maupun postur dan warna indah bulunya serta panjang ekornya.

Empat faktor itu ukuran menilai harga seekor burung murai. Burung murai dengan kriteria itu sempat di jualnya dengan harga menyentuh Rp 500 juta satu ekor.

 

Semula dia berbisnis burung murai secara off line. Sukses dengan usahanya itu, sejak beberapa tahun terkahir dia membuka toko online yang diberi nama Toko Murai Rimba Kediri Official dengan 6.000 pengunjung per hari. Kini, penjualan secara online menjadi terbesar di banding penjualan langsung di tokonya yang berada di jalan Merdeka Selatan (di google map:jln Totok Kerot), Desa Kanigoro,Kecamatan Kras, Kediri, Jawa Timur. Tokonya itu dapat diakses lewat web, facebook, youtube hingga grup WA.

Di deretan kandang pembiakan sekaligus penjualan ratusan burung murai di to dan show roomnya di Kanioro,Kediri.

Lewat penjualan secara online, penjualan burungnya menjangkau kota dan daerah di Indonesia. Pencinta burung murai umumnya dari kelas menengah yang seluruhnya pengguna aktif media sosial dan memiliki rekening bank.

Pengujung toko online seluruhnya adalah pencinta burung murai hingga mereka jadi target market potensial. Dari pengunjungnya ini dia mematok sebanyak 10 persennya menjadi pembeli tiap hari. Burung yang dijualnya termurah di patok pada kisaran Rp 1 juta per ekor di luar ongkos kirim.

 

Banyaknya jumlah pengunjung dan pembeli di toko online tidak terlepas dari kepercayaan dan nama besarnya di kalangan komunitas burung murai di tanah air dan negara tetangga, Singapura dan Malaysia.

 

Dalam melakoni usaha burung murainya itu dia telah menyambangi sejumlah tokoh – tokoh beken pencinta burung murai di manca negara, juga dia menggelar kompetisi burung murai bertaraf internasional di Batam.

 

Pada tokoh – tokoh pecinta burung bertaraf internasional terutama yang berada di Singapura dan Malaysia disambanginya dan dari mereka dia menimba ilmu cara merawat, beternak hingga seluk beluk berbisnis burung murai batu.

 

Dari catatannya, untuk komunitas pencinta burung murai batu, dengan pengunjung sebanyak 6.000 orang per hari dan seluruhnya bertatus anggota akrif, Toko Murai Rimba Kediri Official menjadi toko online khusus burung murai terbesar  di Indonesia saat ini.

Kini dia mengelola bisnis burung murai batu secara professional, mulai dari pasokan burung yang teratur dan kontinyu dari daerah – daerah, beternak dan merawatdi tokonya hingga pengolahan pakannya.

Perkembangan dan kondi burung murai baik yang diternakan maupun siap jual di monitor lewat CCTV selama 24 jam

Praktis, hampir seluruh daerah penghasil burung murai batu, tertuama dari Sumatera, menjadi pemasok rutin ke tokonya. Dari sentuhan tangannya bisa lahir burung murai perpaduan murai Sumatera, Pilipina dan Thailand. Bersuara merdu dipadu warna dan postur yang indah serta berekor panjang.

Dari tiga lantai rumahnya, dua lantai dijadikannya sebagai peternakan sekaligus toko burung murai. Setiap kandang dipasanginya CCTVuntuk memonitor selama 24 jam perilaku dan perkembangan burung murai dari sejak menetas hingga dewasa. Dalam bangunan itu dibikinnya taman kecil lengkap dengan percikan air, hingga burung murai merasa berada dalam alam bebas.

Kondisi itu, ujar Andi, membuat burung – burung murai merasa di alam bebas. Hingga perkembangan burung secara psikologis dan pertumbuhannya sangat bagus. Ditambah dengan pasokan pakannya yang bergizi, melahirkan burung murai yang bersura merdu dan postur dan warna bulunya yang indah.

Hadi alias Andi Murai tetap meneruskan toko alat listrik dan suku cadang sepea motor yang dijalankan istrinya Yanti Krisna Wuryansari (39 tahun)

 

Lahirya burung murai batu berkualitas yang dihasilkannya tidak terlepas dari cara pengelolaanya yang dilakukan secara profesonal. Untuk pakannya, dia melakukan formula khusus. Kedepan, Andi berkeinginan mendirikan usaha produksi pakan burung murai dari resep dan formula yang ditemukannya itu. Untuk itu dia berharap akan mendapat sokongan dana dari perbankan untuk mendirikan pabrik pakan burung murai itu.

 

Berapa omzet penjualan burungnya per hari?. Andi menjelaskan, dari 6.000 pengunjung aktif toko onlinenye, dia menargetkan 10 persennya melakukan pembelian. Dan penjualan secara langsung, minimal 10 orang pembeli per hari.

Harga per ekor termurah burung murai batu yang dijualnya Rp 1 juta. Selain menjual secara eceran dia juga menjual secara partai. Umumnya, pembeli partai adalah pedagang burung baik dari Kediri maupun daerah lain di tanah air.

 

Bersambung….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here